JUMLAH SUKU BANGSA DI INDONESIA

JUMLAH SUKU BANGSA DI INDONESIA

JUMLAH SUKU BANGSA DI INDONESIA

JUMLAH SUKU BANGSA DI INDONESIA

Pada tahun 2010 sensus

yang dicatat oleh BPS, Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik, atau suku bangsa. menurut sensus BPS Indonesia tercatat memiliki lebih dari 1.340 suku bangsa. Dengan suku Jawa menjadi suku terbanyak dan terbesar di Indonesia, yang mempunyai populasi sebanyak 41% dari seluruh penduduk di Indonesia.

Kebanyakan kelompok Jawa berkumpul di Pulau Jawa, tapi dengan jumlah yang luar biasa, suku Jawa juga bertransmigrasi. Mereka menyebar di seluruh wilayah Indonesia, banyak juga diantara mereka yang berimigrasi ke luar negeri. Diantara mereka banyak yang tinggal di Suriname dan Malaysia.

Selain suku Jawa, kelompok suku lain yang yang banyak di Indonesia ialah Suku Batak, Suku Sunda, dan Suku Madura.Di Indonesia, selain suku yang berjumlah jutaan orang, juga terdapat suku kecil yang berjumlah sedikit. Banyak suku suku terpencil, terutama di daerah Kalimantan dan Papua, meskipun faktanya berjumlah kecil, mereka merupakan salah satu kekayaan Indonesia.

Keanekaragaman budaya Indonesia terutama kelompok suku bangsa tidak secara pasti diakibatkan oleh satu alasan. Banyak sekali alasan yang membuat Indonesia mempunyai jumlah suku yang beragam, salah satu contohnya yaitu perpindahan penduduk dan pencampuran budaya.

Sebagai contoh ialah sebagian orang berasumsi bahwa orang Cirebon adalah suku tersendiri dengan dialek sendiri juga. Tapi, sebagian orang yang berasumsi bahwa mereka cuma sub etnik dari suku Jawa secara menyeluruh.
Begitu pun dengan Buku Baduy dan Suku Banten yang anak dianggap sebagai bagian keseluruhan dari Suku Sunda.

Terdapat juga pencampuran suku bangsa hasil pencampuran dari beberapa kebudayaan, sebagai contoh Suku Betawi yang merupakan pencampuran dari berbagai kebudayaan.


Sumber: https://www.col-sea.com/the-bfg-game-apk/