Jenis-jenis Perseroan Terbatas

Jenis-jenis Perseroan Terbatas


1) Perseroan Terbatas (PT) Tertutup
PT Tertutup adalah PT yang saham perusahaannya hanya bisa dimiliki oleh orang-orang tertentu yang telah ditentukan dan tidak menerima pemodal dari luar secara sembarangan. Pada umumnya jenis PT ini adalah PT keluarga, kerabat atau saham yang di kertasnya sudah tertulis nama pemilik saham yang tidak mudah untuk dipindahtangankan ke orang atau pihak lain.

2) Perseroan Terbatas (PT) Terbuka

PT Terbuka adalah perusahaan yang sebagian atau seluruh sahamnya dimiliki oleh masyarakat. Saham-saham perusahaan tersebut boleh dibeli dan dimiliki oleh semua orang tanpa terkecuali sehingga sangat mudah untuk diperjual belikan ke masyarakat.
Pada umumnya saham PT Terbuka kepemilikannya atas unjuk, bukan atas nama sehingga tak sulit menjual maupun membeli saham PT Terbuka tersebut. Penjualan saham ke masyarakat dilakukan dengan cara Initial Public Offering (IPO) yaitu proses penawaran saham perusahaan kepada masyarakat untuk pertama kali. Perusahaan seperti ini biasanya mempunyai tambahan singkatan “Tbk.” di belakang nama perusahaannya.
3) Perseroan Terbatas (PT) Domestik atau PT Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN)
PT Domestik adalah perusahaan yang berdiri dan menjalankan kegiatan operasionalnya di dalam negeri dan harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di dalam negeri.
4) Perseroan Terbatas (PT) Asing atau PT Penanaman Modal Asing (PMA)
PT Asing adalah perusahaan yang didirikan di negara lain dengan aturan dan hukum yang berlaku di negara tempat PT itu didirikan. Pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwa setiap perusahaan atau pemodal asing yang ingin berbisnis dan beroperasi di dalam negeri yang berbentuk PT harus taat dan tunduk terhadap aturan dan hukum yang berlaku di Indonesia.
5) Perseroan Terbatas (PT) Perseorangan
PT Perseorangan adalah perusahaan yang sahamnya telah dikeluarkan dan hanya dimiliki oleh satu orang saja. Orang yang menguasai saham tersebut juga bertindak atau menjabat sebagai direktur di perusahaan tersebut. Dengan begitu otomatis orang itu akan akan memilik kekuasaan tunggal yaitu mengusai wewenang diektur dan juga RUPS.
6) Perseroan Terbatas (PT) Umum atau PT Publik
PT Umum adalah perusahaan yang kepemilikan sahamnya bebas oleh siapa saja dan juga terdaftar di Bursa Efek.

baca juga :

https://daftarpaket.co.id/seva-mobil-bekas/