IT Audit Trail

IT Audit Trail

IT Audit Trail

IT Audit Trail
IT Audit Trail

Kita akan lebih mengenal tentang apakah IT Audit Trail itu. Karena dalam dunia informasi sekarang ini, sangat dibutuhkan sekali Audit yang berhubungan dengan IT.

Jejak audit atau log audit adalah urutan kronologis catatan audit, yang masing-masing berisi bukti langsung berkaitan dengan apa yang dihasilkan dari pelaksanaan suatu proses bisnis dan fungsi system.
Audit biasanya berasal dari kegiatan seperti transaksi atau komunikasi oleh individu, sistem, rekening atau badan lainnya.
Definisi audit trail adalah sebagai penunjuk catatan yang telah mengakses sistem operasi komputer dan apa yang dia telah dilakukan selama periode waktu tertentu, dalam telekomunikasi. Istilah ini berarti sebuah catatan baik akses selesai berusaha dan jasa, atau data membentuk suatu alur yang logis dan menghubungkan urutan peristiwa. Digunakan untuk melacak suatu transaksi yang telah dipengaruhi oleh isi record, dalam informasi atau keamanan komunikasi. Audit informasi berarti catatan kronologis kegiatan sistem untuk memungkinkan rekonstruksi dan pemeriksaan dari urutan peristiwa atau perubahan dalam suatu acara, dalam penelitian keperawatan. Mengacu pada tindakan mempertahankan log berjalan atau jurnal dari keputusan yang berkaitan dengan sebuah proyek penelitian, sehingga membuat jelas langkah-langkah yang diambil dan perubahan yang dibuat pada protokol asli.
Dalam akuntansi, mengacu pada dokumentasi transaksi rinci mendukung entri ringkasan buku. Dokumentasi ini mungkin pada catatan kertas atau elektronik, proses yang menciptakan jejak audit harus selalu berjalan dalam mode istimewa. Sehingga dapat mengakses dan mengawasi semua tindakan dari semua pengguna, dan user normal tidak bisa berhenti atau mengubahnya. Selanjutnya, untuk alasan yang sama. Berkas jejak atau tabel database dengan jejak tidak boleh diakses oleh pengguna normal, dalam apa yang berhubungan dengan audit trail. Itu juga sangat penting untuk mempertimbangkan isu-isu tanggung jawab dari jejak audit Anda, sebanyak dalam kasus sengketa. Jejak audit ini dapat dijadikan sebagai bukti atas kejadian beberapa, perangkat lunak ini dapat beroperasi dengan kontrol tertutup dilingkarkan. Sebuah sistem tertutup seperti yang disyaratkan oleh banyak perusahaan ketika menggunakan sistem Audit Trail, audit merupakan “sesuatu” yang dapat menyimpan data history dari kegiatan CRUD (create, retrieve, update, delete) yang dilakukan oleh user saat menggunakan aplikasi. Data yang disimpan adalah 4W :
• Who : user mana yang melakukan aksi.
• What data : table dan record mana yang menjadi “korban” dari aksi tersebut.
• What happened : aksi apa yang dilakukan, create kah? retrieve kah? update kah? atau delete?
• When : kapan aksi tersebut dilakuan.
{Media Penyimpanan}
Kejadian tersebut mesti disimpan pada media yang gampang digunakan, sebagai contoh dengan memanfaatkan tabel pada database. Kira-kira akan seperti ini struktur tabel yang akan digunakan untuk menyimpan data Audit Trails ini.

Kita juga dapat mengunduh script-nya, sedangkan dimisalkan salah satu nama tabel yang akan di-log adalah SecretData. Dengan detail atribut seperti berikut ini.

{DoddleAudit – Audit Trail fot LINQ to SQL}
Project ini sangat bermanfaat untuk membuat “audit” secara otomatis, sesuai titel dari sub-judulnya. Maka project ini ditujukan bagi pengguna LINQ to SQL, jadi bagi pengguna LINQ to SQL yang telah mempunyai LINQ to SQL Classes (DBML) tinggal menambahkan Doddle.Linq. Audit sebagai reference pada project tempat file DBML disimpan, sebagai contoh dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Kemudian modifikasi agar Base Class dari LINQ to SQL Classes adalah Doddle.Linq.Audit.LinqToSql.AuditableDataContext.

Maka akan dapat dilihat baris seperti berikut ini.

Selanjutnya dapat ditambahkan barisan kode berikut ke dalam LINQ to SQL Classes.
protected override void InsertAuditRecordToDatabase(EntityAuditRecord record)
{
AuditRecord audit = new AuditRecord();
audit.Action = (byte)record.Action;
audit.AuditDate = DateTime.Now;
audit.AssociationTable = record.AssociationTable;
audit.AssociationTableKey = record.AssociationTableKey;
audit.EntityTable = record.EntityTable;
audit.EntityTableKey = record.EntityTableKey;

audit.UserName = System.Web.HttpContext.Current.User.Identity.Name;

foreach (ModifiedEntityProperty av in record.ModifiedProperties)
{
AuditRecordField field = new AuditRecordField();
field.MemberName = av.MemberName;
field.OldValue = av.OldValue;
field.NewValue = av.NewValue;

audit.AuditRecordFields.Add(field);
}

Sumber : https://topsitenet.com/article/247516-dosenpendidikan-introduces-high-school-study-materials-on-their-website/