Informasi Akuntansi Diferensial

Informasi Akuntansi Diferensial

Informasi Akuntansi Diferensial

Informasi Akuntansi Diferensial
Informasi Akuntansi Diferensial

Informasi Akuntansi Differensial (Iad) merupakan informasi akuntansi yang digunakan oleh manajemen untuk mengambil keputusan mengenai pemilihan alternatif tindakan yang terbaik diantara alternatif yangt ersedia.

Manfaat Informasi Akuntansi Diferensial

  1. Pengambilan Keputusan untuk Membeli atau Membuat Sendiri
  2. Menjual atau Memproses Lebih Lanjut Suatu Produk
  3. Menghentikan atau Melanjutkan Produksi Produk tertentu
  4. Menerima atau Menolak Pesanan Khusus.

Informasi Akuntansi Differensial terdiri dari:

  1. biaya (differential cost),
  2. pendapatan (differential revenue)
  3. danatauaktiva (differential asset)

Perencanaan Laba Jangka Pendek

Perencanaan Laba Jangka Pendek dilakukan sebagai bagian dari proses penyusunan anggaran perusahaan. Dalam perencanaan laba jangka pendek, manajemen mempertimbangkan berbagai usulan yang berakibat pada:

  1. Harga Jual
  2. Volume Penjualan
  3. Biaya Variabel
  4. Biaya Tetap
  5. Laba bersih

Oleh karena itu dalam perencanaan jangka pendek manajemen membutuhkan informasi akuntansi differensial berupa (1) Taksiran pendapatan diferensial (2) Taksiran biaya diferensial yang berdampak pada laba bersih. Dampak terhadap laba bersih tersebut menjadi salah satu pertimbangan dalam memutuskan usulan kegiatan dalam proses perencanaan anggaran.

Perencanaan Laba Jangka Panjang (Keputusan Investasi)

Adalah pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang untuk menghasilkan laba dimasa yang akan datang.

Jenis-jenis investasi

Investasi yang tidak menghasilkan laba(non-provit investment). Investasi yang timbul karena adanya peraturan pemerintah atau karena syarat – syarat kontrak yang telah disetujui, yang mewajibkan perusahaan untuk melaksanakannya tanpa mempertimbangkan laba atau rugi.

Investasi yang tidak dapat diukur labanya (non-measurable provitinvestment). Investasi ini dimaksudkan untuk menaikan laba, namun dengan investasi ini laba yang diharapkan perusahaan sulit untuk dihitung secara teliti. Contoh :Pengeluaran biaya promosi, dalam jangka panjang, biaya penelitian dan pengembangan, dan biaya program pelatihan pendidikan karyawan.

Investasi dalam penggantian equipment (replacement investment). Investasiyang meliputi pengeluaran untuk pengganian mesin dane kuipmen yang ada.biasanya digunakan atas dasar pertimbangan dana yang penghematan biaya atau kenaikan produktivitas dengan adanya penggantian biaya tersebut.

Investasi dalam perluasan usaha (expansion investment). Merupakan pengeluara nuntuk menambah kapasitas  produksi sehingga operasi menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Baca Juga