HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN CABANG ILMU

HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN CABANG ILMU

HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN CABANG ILMU

HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN CABANG ILMU

Seperti yang dijelaskan diatas

bahwa filsafat merupakan sebuah kajian ilmu, teori yang digunakan untuk memahami ilmu ini terkenal atau dikenal dengan istilah filosofi. Filsafat dan filosofi tidak dapat dipisahkan karena keduanya merupakan satu bagian. Teori inilah yang digunakan oleh para filsuf dalam menemukan jawaban yang sedang dicari atas masalah yang terjadi.

Pada kajian ilmu filsafat, pemikiran berperan sangat penting karena untuk menemukan kebenaran yang hakiki membutuhkan proses yang tidaklah mudah. Akan tetapi beberapa filsuf dapat menemukan solusi dengan pemikiran yang mereka miliki, tentunya hal itu sesuai karena kegiatan mereka yang berkecimpung dan mempelajari ilmu tersebut.

Salah satu cabang filsafat yang sering ditemui adalah ilmu pengetahuan. Filsafat ilmu merupakan hasil pemikiran mengenai masalah yang terjadi yang berkaitan dengan ilmu. Misal, cara mencapai tujuan dari pengetahuan dan mengetahui permasalahan yang terjadi.

Jadi, dapat dikatakan bahwa solusi untuk memecahkan persoalan itu dapat dihasilkan dari sebuah perenungan. Karena itulah tujuan mempelajari ilmu ini, meski memiliki sifat abstrak dari sinilah lahirnya beberapa ilmu pengetahuan.


Baca Juga :