FILSAFAT PENDIDIKAN DI INDONESIA

 FILSAFAT PENDIDIKAN DI INDONESIA

Bangsa Indonesia memiliki filsafat umum atau filsafat negara yaitu Pancasila. Sebagai filsafat negara, Pancasila patut mennjadi jiwa bangsa Indonesia, menjadi semangat dan berkarya pada segala bidang, dan mewarnai segala segi kehidupan dari hari ke hari.

Pendidikan indonesia belum mempunyai konsep atau teori-teori sendiri yang cocok dengan kondisi, kebiasaan atau budaya Indonesia tentang pengertian pendidikan  dan cara-cara mencapai tujuan pendidikan. Sebagian besar konsep atu teori pendidikann di impor dari luar negri sehinngga belum valid untuk diterapkan di Indonesia.

Indonesia mempunyai cita-cita yang pasti dalam pendidikan, yang harus dikejar dan diwujudkan, yaitu manusia Indonesia seutuhnya yang di jiwai oleh sila-sila Pancasila. Untuk mencapai hal ini perlu ada alat yang pasti. Alat yang akan menjadi efektif kalau dijabarkan dan berkaitan erat dengan ilmu pendidikan yang utuh yang mencerminkan dunia Indonesia dengan iklim, geografis, dan budayanya yang khas. Pendidikan di Inndonesia perlu di wujudkan dalam bentuk ilmu pendidikan seperti halnya dengan model pendidika di Eropa. Hanya saja, ilmu pendidikann di indonesia harus menunjukan ciri khasnya yaitu Pancasila. Ini menunjukan bahwa ilmu pendidikann di Indonesia harus digali dari bumi Indonesia sendiri.

Ilmu pendidikan mengandung unsur fakta dan upaya. Fakta akan membentuk teori tentang cara mendidik, sedangkan upaya akan membenuk kiat atau seni untuk menyukseskan pendidikann terutama dalamm memasukan norma-norma ke dalam kehidupan peserta didik.

Untuk bisamembentuk teori pendidikann di Indonesia yang valid, terlebih dahulu dibutuhkan filsafat pendidikan yang bercorak Indonesia yang memadai. Filsafat ini meguraikan:

  1. Pengertian pendidikan yang jelas, yang satu, dan berlaku di seluruh tanah air.
  2. Tujuan pendidikan, yaitu pembentukan manusia Indonesia seutuhnya yang di warnai oleh sila-sila Pancasila.
  3. Model pendidikan, yng membahas tentang model pendidikan di Indonesia yang tepat.
  4. Cara mencapai tujuan, yaitu segi teknik dan pendidikan itu sendiri.
  1. Upaya Mewujudkan Filsafat Pendidikann di Indonesia

Upaya-upaya merumuskan filsafat pendidikan di Indonesia baru dalam tahap perhatian. Penelitiann yang dapat ditarik dari sejumlah masalah bertlian dengan ilmu pendidikan, yaitu:

  1. Belum jelas pengertian pendidikan dan pengajarannya
  2. Ilmu pendidikan kurang dikembangkan
  3. Ilmupendidikan kurang fungsionil untuk menyiapkan calon guru
  4. Belum jelas apakah ilmu pendidikan merupakan ilmu dasar atau ilmu terapan.
  5. Struktur ilmu pendidikan kurang dikenal
  6. Belum jelas apakah guru mendidik dan mengajar atau hanya mengajar saja.

Untuk mengembangkan ilmu pendidikan yang bercorak Indonesia secara valid, terlebih dahulu dibutuhkan pemikiran dan perenungan yang mendalam tentang ilmu itu sendiri dan budaya serta geogarafis Indonesia yang mewarnainya. Pemikiran dan perenungan itu adalah filsafat yangkhusus membahas pendidikan yang tepat di terapkan di bumi Indonesia. Dengan kata lain, untuk menemukan teori-teori pendidikan yang bercorak Indonesia dibutuhkan terlebih dahulu rumusan filsafat pendidikan yang bercorak Indonesia pula.

sumber :
https://promo-honda.id/seva-mobil-bekas/