Dinamis

Table of Contents

Dinamis

Didalam kamus besar bahasa Indonesia di jelaskan makna dari kata dinamis adalah penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dalam keadaan.

Kedinamisan hukum islam terletak pada dasar-dasar yang menjadi dasar dan tiang pokok bagi hukum, manusia tidak dapat diperintah jika perintah itu tidak menawan hatinya, atau mempunyai daya dinamika. Syari’at islam dapat menarik manusia dengan amat cepat dan manusia dapat menerimanya dengan ketetapan hati, karena islam menghadapkan pembicaraannya kepada akar dan mendesak manusia bergerak, berusaha serta memenehi kehendak yang fitrah yang sejahtera, sebagaimana hukum islam menuju kepada toleransi, persamaan, kemerdekaan, menyuruh untuk berbuat yang ma’ruf dan mencegah yang munkar.

Ada beberapa sendi-sendi dari kedinamisan hukum islam yaitu :

  1. Meniadakan kepicikan

Pengaturan undang-undang Islam ditetapkan dengan memperhatikan kemudahan dan menjauhkan kesukaran, segala hukum Islam berada dalam keadaan dapat dilaksanakan oleh manusia. Maka dari itu bila suatu hukum itu dirasa berat dilaksanakan oleh manusia, maka dari itu diadakanlah hukum rukhsoh untuk menghindari kesukaran tersebut.

  1. Mensyariatkan hukum dengan cara berangsur-angsur
  2. Memperhatikan kemmaslahatan manusia
  3. Mewujudkan keadilan yang sejahtera

Manusia di hadapan hukum Islam adalah sama, tidaklah menjadi kekurangan dan menjadi kelebihan lantaran keturunannya, kekayaannya, kedudukan atau kebangsaannya.[9]

 

Sumber :

https://icanhasmotivation.com/sony-music-jepang-kenalkan-teknologi-interaktif-di-afa-jakarta/