Diknas Payakumbuh Gelar Lomba Hafalan Alquran

Diknas Payakumbuh Gelar Lomba Hafalan Alquran

Diknas Payakumbuh Gelar Lomba Hafalan Alquran

Diknas Payakumbuh Gelar Lomba Hafalan Alquran
Diknas Payakumbuh Gelar Lomba Hafalan Alquran

Pemko Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan bakal mengirim pelajar yang hafal Alquran untuk Umrah

ke Tanah Suci Mekkah, di tahun 2016 ini. Mereka yang dikirim, adalah yang lebih banyak hafalan, selain kualitas bacaannya. Mulai dari tingkat SD, SMP hingga ke tingkat SMA/SMK.

Untuk memilih pelajar yang akan diterbangkan ke Mekkah iu, Dinas Pendidikan Payakumbuh, menggelar lomba Hafalan Alquran itu, di aula Dinas Pendidikan setempat, di Jalan Rky. Rasuna Said Payakumbuh, Rabu (28/9). Para pelajar di Payakumbuh, sejak 2013 lalu, setiap hari sebelum belajar, harus menghafal quran bergantian.
Kegiatan lomba tersebut dibuka Walikota Payakumbuh diwakili Kadisdik H. Hasan Basri Sy, S. Pd. Dihadiri Kepala Kantor Kemenag H. Asra Faber, Kabag Kesra Setdako Devitra, M. Si, kepsek dan undangan lainnya.

Lomba hafalan Alquran itu, diawasi langsung oleh dewan juri dari Kantor Kemenag

dan lembaga pengembangan tilawatil quran kota setempat.
Pengiriman pelajar ke Umrah, sebut Hasan, merupakan kebijakan pemko di bawah pimpinan Walikota Riza Falepi, yang mendapat dukungan penuh oleh seluruh elemen masyarakat dan  DPRD, dalam upaya menciptakan pelajar berakhlak mulia.

Kegiatan itu, menurutnya sudah berjalan sejak tiga tahun lalu. Artinya, dalam tiga tahun

terakhir sudah tiga  kali pemko mengirim pelajar ke Mekkah, sebut Hasan.
Menurut kabid pendidikan luar sekolah Tafril, S.Pd peserta yang akan dikirim umrah hanya pemenang pertama tingkat SLTA putra/putri. Sedangkan pemenang kedua dan ketiga tingkat SMA mengantongi total hadiah Rp15 juta. Sementara pemenang untuk tingkat SD dan SMP  mengatongi hadiah total Rp33juta.