Dewan Keamanan

Dewan Keamanan

Dewan Keamanan terdiri dari lima anggota tetap ditambah 10 anggota tidak tetap. Terdapat 5 anggota tetap Dewan Keamanan PBB, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Prancis dan Cina. Anggota tetap mempunyai hak veto. Adapun anggota tidak tetap dipilih untuk masa 2 tahun oleh Majelis Umum.

Dewan Keamanan diberi hak dan wewenang untuk menentukan suatu hal atau masalah yang dianggap mengganggu perdamaian, mengancam perdamaian, atau tindakan agresif. Selanjutnya, sebagai tambahan ada suatu komite staf militer yang diperbantukan pada Dewan Keamanan. Kepala staf militer ditunjuk dari kepala staf militer di negara anggota tetap.

Dewan Keamanan memiliki tugas sebagai berikut:

  1. a)memelihara perdamaian dan keamanan dunia internasional,
  2. b)mengamati dan mencegah terjadinya perselisihan,
  3. c)bersama majelis umum mengangkat hakim mahkamah internasional,
  4. d)melakukan tindakan militer terhadap agresor,
  5. e)mengawasi wilayah-wilayah yang sedang bersengketa.

3) Dewan Ekonomi dan Sosial

Pada awalnya, Dewan Ekonomi dan Sosial beranggotakan 18 negara. Kemudian dengan amandemen tahun 1963 yang berlaku tahun 1965, anggota dewan tersebut bertambah manjadi 27 negara. Dewan Ekonomi dan Sosial dipilih oleh sidang umum untuk masa 3 tahun dan bersidang sedikitnya tiga kali dalam setahun.

Tugas Dewan Ekonomi dan Sosial tidak lepas dari praktik kehidupan ekonomi dan sosial internasional. Tugas-tugas tersebut, yaitu:

  1. a)bertanggung jawab dalam menyelenggarakan kegiatan ekonomi dan sosial,
  2. b)mengembangkan ekonomi, sosial dan politik,
  3. c)memupuk hak asasi manusia,
  4. d)mengkoordinasi kegiatan-kegiatan dari bidang khusus dengan berkonsultasi dan menyampaikannya pada sidang umum dan anggota PBB.

baca juga :