Creative Writing Challenge Pilih Bibit Penulis Baru

Creative Writing Challenge Pilih Bibit Penulis Baru

Creative Writing Challenge Pilih Bibit Penulis Baru

Creative Writing Challenge Pilih Bibit Penulis Baru
Creative Writing Challenge Pilih Bibit Penulis Baru

Tulisan bisa mengubah pandangan, bahkan dunia. Melalui tulisan, sang penulis bisa menginspirasi

dan yang membacanya terinspirasi pula. Hal ini terungkap dalam acara awarding event Creative Writing Challenge di Gedung Pos, Jalan Banda, Kecamatan Bandung Wetan, kemarin (12/1).

Event yang diinisiasi PT Pos Indonesia bersama Harian Bandung Ekspres ini sudah berlangsung sejak Oktober 2015 lalu. Menjaring alumnus Creative Writing yang sudah digelar sejak 2007 lalu melalui sejumlah sosialisasi. Akhirnya, terpilih 12 finalis yang mewakili setiap kategori. Yakni, Puisi, Artikel, dan Cerpen. Adapun para peserta berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat. Seperti, Bandung, Subang, Sumedang, dan Purwakarta.

Creative Writing Challenge ini diharapkan menjadi wadah candradimuka dalam mengasah

kemampuan kaum muda beraktualisasi melalui tulisan. Hal itu dikatakan Bambang Dwi Putranto selaku Vice President Komunikasi Korporat PT Pos Indonesia. ’’Semua peserta yang ikut merupakan alumni yang kami bina pada 2007 lalu,’’ katanya kepada Bandung Ekspres.

Bambang menjelaskan, untuk menjaring 12 besar finalis, panitia melakukan penyeleksian dalam tiga tahap. Tahap pertama, para peserta dibagi pada tiga zona dengan mengusung tema yang berbeda. Penyeleksian dilakukan oleh tim penilai dari Harian Umum Bandung Ekspres dan PT Pos Indonesia.

Lebih lanjut Bambang menegaskan, pihaknya akan terus mengapresiasi hasil kreativitas kaum muda

. Terutama, dalam hal kepenulisan. Kegiatan inipun selain melakukan pembinaan kepada anak muda, juga monitoring terkait sejauh mana hasil workshop Creative Writing sebelumnya.

Juara pertama di setiap kategori akan jalan-jalan ke Universal Studio Singapura. Kemudian, juara kedua berwisata ke Malang dan Bromo. Sedangkan juara ketiga, mendapatkan hadiah laptop. ’’Selain hadiah tersebut kami juga akan memberikan uang pembinaan bagi para pemenang,’’ pungkas Bambang.

Acara ini didukung pula oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat DR H Asep Hilman. Dia berharap, seluruh peserta yang lolos dalam kegiatan ini bisa menjadi penerus para seniman tulis. ’’Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena kegiatan ini sejalan dengan program Dinas Pendidikan Jabar,” kata dia.

Menurutnya, Creative Writing Challenge merupakan tantangan bagi anak muda. Sebab, meskipun belum menjadi penulis andal, paling tidak mereka bisa menuangkan ekspresi jiwa mereka. ’’Dengan menulis kita bisa menuangkan apa yang ada dalam benak pikiran kita,” ungkap Asep.

 

Baca Juga :