Catatan Kritis

Catatan Kritis

Catatan Kritis

Catatan Kritis

Teknologi yang memiliki tujuan membantu dan mempermudah manusia dalam memecahkan persoalan terus-menerus meningkat baik jenis, kuantitas maupun kualitasnya. Dengan menggunakan teknologi manusia dapat terbantu dalam menyelesaikan pekerjaan tertenu, bahkan lebih cepat, biaya relatif rendah, dan dapat menghasilkan produksi yang lebih banyak. Pada masa sekarang orang dapat memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan kesenangan dan kenyamanan, berkomunikasi yang muda walaupun dalam jarak jauh, dan mengisi waktu luang dengan permainan yang menantang. Bahkan yang lebih bahaya lagi apabila disalahgunakan ketika beribadah. Kenyataannya manusia pada masa modern sekarang sudah hampir tidak lepas dari teknologi untuk membantu dalam kehidupannya.

Dalam permasalahan tersebut Gereja harus bijak dalam menyikapi permasalahan gadget dikalangan umat. Pandangan gereja yang menganggap bahwa teknologi itu jahat adalah pandangan di masa lampau[12]. Gereja harus hadir untuk membawa terang dan pencerahan bagi umat sebab gadget juga masuk dalam kehidupan gerejawi. Itulah sebabnya maka PAK dalam gereja dalam berupa metode guna pencegahan ke arah penggunaan gadget yang negatif dan berlebihan. Di awal penciptaan Tuhan sudah memberikan otoritas tertinggi kepada manusia dibandingkan ciptaan lainnya (Kejadian 2:27-28). Otoritas tersebut harus dilaksanakan dengan baik. Metode yang bisa diterapkan antara lain:

–      Gereja menanamkan dampak sisi positif dan negatif penggunaan gadget dalam bentuk pengajaran yang bertahap.

–      Terapi Gadget dengan pengarahan  yang konsisten dan maksimal (seperti menon-aktifkan hp saat beribadah dan tidak membuka aplikasi Alkitab dari gadget melainkan dari Alkitab yang tercetak)

–      Gereja memberikan konseling pastoral kepada jemaat yang kecanduan gadget.

 

Sumber :

https://nomorcallcenter.id/