Cara merawat kenari mabung agar cepat tuntas mabungnya

Cara merawat kenari mabung agar cepat tuntas mabungnya

Mabung merupakan proses alami yang akan dilalui oleh semua jenis burung atau hewan unggas termasuk burung kenari sekalipun. Untuk burung kenari proses mabung pertama kali terjadi pada usia kurang lebih 4 bulan, setelah itu masa mabungnya akan tuntas diusia kurang lebih 6 bulan. Jadi lamnya proses mabung yang dialami burung kenari kurang lebih selama 1,5 bulan.

Selama kurang lebih 1,5 bulan tersebut burung kenari akan merasakan sakit, dan kenari cenderung hanya berdiam. Maka dari itu kita harus merawatnya dengan sebaik-baiknya. Perwatan yang baik akan memberikan dampak yang baik pula, slah satu dampak baik tersebut adalah burung kenari akan merasaka nyaman dan tentunya proses mabung tersebut bisa segera tuntas.

Penyebab/faktor Kenari Mabung

1. Faktor siklus alami

Faktor yang pertama ini tidak bisa anda hindari dan tetep harus anda jalani untuk merawat kenari yang anda pelihara, faktor yang pertama ini adalah siklus alami yang akan dilalui setiap hewan unggas termasuk burung kenari. Pada burung kenari proses mabung terjadi pada usia kurang lebih 4 bulan, sedangkan mabung yang kedua akan terjadi diusia kurang lebih 1 tahun, dan untuk mabung yang ketiga terjadi diusia kurang lebih 2 tahun atau 7 bulan setelah mabung yang kedua, dan selanjutnya kenari akan mabung `terjadi setelah 7 bulan dari mabung sebelumnya, begitu seterusnya.

2. Faktor perawatan

Perawatan yang baik pasti akan berpengaruh terhadap burung kenari yang kita pelihara, jika perawatan kita kurang baik bukanya tidak mungkin, pasti burung kenari akan mengalami yang namanya mabung tidak pada jadwal/siklus alaminya. Contoh sederhana disaat kita kurang berhati-hati memegang kenari tersebut lalu bulunya ikut tercabut, maka dapat dipastikan akan mengalami yang namanya mabung.

3. Faktor cuaca

Faktor alam juga mempengaruhi proses mabung pada burung, biasanya faktor cuaca dan suhu lingkungan juga ikut andil dalam proses ganti kulit burung kenari. Misalnya cuaca yang terlalu panas sehingga kulit burung kenari akan kering dan merontokkan bulu-bulunya.

4. Faktor lainya

Faktor lain yang disinyalir menjadi penyebab burung kenari mabung tidak pada jadwal siklusnya adalah faktor hormon (birahi) yang mulai tidak stabil yang terjadi dalam siklus perkembangbiakan. Saat mabung burung kenari bisa saja dipengaruhi oleh hasrat kenari yang ingin kawin atau siap berkembang biak.

Baca juga: