Cara Merawat Ikan Laut di Akuarium

Cara Merawat Ikan Laut di Akuarium

Cara Merawat Ikan Laut di Akuarium

Cara Merawat Ikan Laut di Akuarium
Cara Merawat Ikan Laut di Akuarium

Anda pemula dan ingin merawat ikan laut di akuarium? Hobi memelihara ikan hias memang sangat menyenangkan. Kita bisa mengisi waktu luang dengan acara yang konkret sembari melepaskan kepenatan dengan melihat gerak-gerik ikan yang dipelihara. Bayangkan saja, keindahan ikan yang hidup di dalam akuarium akan membuat siapa pun terpesona olehnya.

Tren yang kini tengah melanda kalangan pencinta ikan hias di Indonesia ialah ikan air laut. Yap, ikan-ikan yang tinggal di lautan lepas ini dinilai mempunyai kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh ikan air tawar pada umumnya. Misalnya warna ikan laut lebih cerah dan beragam dibandingkan dengan ikan tawar. Bentuk dan pilihan jenis-jenis ikan laut yang bisa dirawat pun banyak sekali. Bahkan ubur-ubur dan bulu babi yang kerap menjadi hama pun akan terlihat menarik dikala dirawat di dalam akuarium.

Tetapi, merawat ikan laut terbilang lebih susah dibandingkan dengan pemeliharaan ikan hias air tawar. Anda wajib memperhatikan kondisi lingkungan akuarium biar kesehatan ikan-ikan yang hidup di dalamnya dapat terjamin. Sebisa mungkin buatlah suasana di dalam akuarium biar menyerupai dengan habitat alaminya. Setidaknya dengan begini, potensi keberhasilan Anda merawat ikan laut pun lebih tinggi.

Buat Anda para pemula yang ingin merawat ikan laut sendiri, ikutilah kiat-kiat dari kami sebagai berikut!

  1. Pengaturan Lingkungan di Akuarium

Akuarium yang akan digunakan sebagai daerah pemeliharaan ikan harus diatur sedemikian rupa terlebih dahulu biar sesuai dengan habitat alami ikan laut. Mulailah dengan memasukkan air laut yang telah didiamkan semalaman ke dalam akuarium sampai mencapai 3/4 dari total volume tangki. Tambahkan mesin pemompa air untuk menjaga sirkulasi air dengan baik. Biarkan akuarium ini tetap kosong selama 3-4 ahad supaya kondisinya normal.

  1. Proses Adaptasi Ikan Hias

ikan cupang aduan – Jangan pernah memasukkan ikan laut yang gres dibeli eksklusif ke dalam akuarium. Karena hal tersebut bisa menggagalkan proses pembiasaan yang harus dilakukan oleh si ikan. Anda perlu menyesuaikan suhu di dalam kantong plastik yang berisi ikan dengan suhu air di dalam akuarium. Caranya yakni meletakkan kantong plastik tersebut ke dalam akuarium selama 15-30 menit. Barulah kemudian Anda bisa membuka ikatan pada kantong plastik ini untuk membiarkan sendiri ikan tersebut keluar dan memasuki akuarium.

  1. Penyesuaian Jumlah Ikan

Jumlah ikan yang akan Anda pelihara harus diubahsuaikan dengan ukuran akuarium dan kemampuan Anda dalam merawatnya. Jumlah ikan yang tidak seimbang akan memperburuk kualitas air menyerupai meningkatkan kadar amonia dan menjadikan persaingan antar-ikan. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, akhirnya tentu lama-kelamaan akan menjadikan dampak yang serius bagi ikan hias menyerupai wabah penyakit dan kematian.

  1. Makanan bagi Ikan Laut

Makanan yang diberikan kepada ikan-ikan laut yang Anda pelihara perlu diubahsuaikan dengan karakteristiknya. Apakah ikan tersebut herbivora, karnivora, atau omnivora? Berkat kemajuan teknologi dikala ini, Anda tidak perlu bersusah payah menemukan makanan ikan yang sempurna alasannya ialah sekarang sudah banyak beredar pelet yang diperuntukkan khusus untuk ikan-ikan tertentu. Bagi ikan karnivora, Anda bisa menjaga keindahan warnanya dengan rutin memberinya pakan berupa udang-udangan.

  1. Pemeliharaan Air Laut

Memelihara air laut yang ada di akuarium bergotong-royong jauh lebih penting daripada aspek-aspek di atas. Sebab ketika kondisi air laut ini sudah mendekati standar normal sesuai dengan lingkungan alami, maka hampir dapat dipastikan jika ikan-ikan yang tinggal di dalamnya akan merasa betah. Suhu yang ideal untuk akuarium air laut berada di bawah 25 derajat celsius dengan pH yang harus diubahsuaikan dengan masing-masing ikan. Anda bisa menggunakan alat yang berjulukan protein skimmer untuk menjaga kondisi air laut ini. Sedangkan proses penggantian air laut sebaiknya dilakukan setiap sebulan sekali.