Apa yang dimaksud dengan Integrasi Pendidikan Karakter Dalam   Pembelajaran

Apa yang dimaksud dengan Integrasi Pendidikan Karakter Dalam   Pembelajaran

Yang dimaksud dengan pendidikan karakter secara terintegrasi di dalam proses pembelajaran adalah pengenalan nilai-nilai, fasilitasi diperolehnya kesadaran akan pentingnya nilai-nilai, dan penginternalisasian nilai-nilai ke dalam tingkah laku peserta didik sehari-hari melalui proses pembelajaran baik yang berlangsung di dalam maupun di luar kelas pada semua mata pelajaran.[7] Pada dasarnya kegiatan pembelajaran, selain untuk menjadikan peserta didik menguasai kompetensi (materi) yang ditargetkan, juga dirancang dan dilakukan untuk menjadikan peserta didik mengenal, menyadari/peduli, dan menginternalisasi nilai-nilai dan menjadikannya perilaku.

Dalam struktur kurikulum kita, ada dua mata pelajaran yang terkait langsung dengan pengembanngan budi pekerti dan akhlak mulia, yaitu pendidikan Agama dan PKn. Kedua mata pelajaran tersebut merupakan mata pelajaran yang secara langsung (eksplisit) mengenalkan nilai-nilai, dan sampai taraf tertentu menjadikan peserta didik peduli dan menginternalisasi nilai-nilai. Pada  panduan ini, integrasi pendidikan karakter pada mata-mata pelajaran selain pendidikan Agama dan PKn yang dimaksud lebih pada fasilitasi internalisasi nilai-nilai di dalam tingkah laku sehari-hari melalui proses pembelajaran dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Pengenalan nilai-nilai sebagai pengetahuan melalui bahan-bahan ajar tetap diperkenankan, tetapi bukan merupakan penekanan. Yang ditekankan atau diutamakan adalah penginternalisasian nilai-nilai melalui kegiatan-kegiatan di dalam proses pembelajaran.

  1. Berikut merupakan contoh nilai-nilai karakter yang dapat dijadikan sekolah sebagai nilai-nilai utama yang diambil/disarikan dari butir-butir SKL dan mata pelajaran-mata pelajaran SMP yang ditargetkan untuk diinternalisasi oleh siswa:

(1).  Nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan  yaitu : Religius

(2). Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri yaitu : Jujur, Bertanggung jawab, Bergaya hidup sehat, Disiplin,Kerja keras, Percaya diriBerjiwa wirausaha, Berpikir logis, kritis, kreatif, daninovatif , Mandiri,Ingin tahu, dan Cinta ilmu

(3).  Nilai karakter dalam hubungannya dengan sesame yaitu: Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain, Patuh pada aturan-aturan sosialn Menghargai  karya dan prestasi orang lain, Santun, dan   Demokratis

(4).   Nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkunganyaitu :Peduli sosial dan lingkungan

(5).   Nilai kebangsaan yaitu :Nasionalis, Menghargai keberagaman.[8]

  1. Distribusibutir-butir karakter utama ke dalam mata pelajaranyaitu :

mengupayakandengan perencaan dan pengembangan kurikulum pada tingkat sekolah agar setiap mata pelajaran dapat memuat atau terinternalisasi nilai-nilai karakter utama pada setiap mata pejaran yang diajarkan pada peserta didik. Sehingga setiap guru memiliki tanggung jawab yang sama dalam menanamkan nilai-nilai karakter dan bukan lagi hanya tanggung jawab guru pendidikan agama atau guru PKN saja.

sumber :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/gbwhatsapp-apk/