Analisis PEST (Politic, Economic, Social, Technology)

Analisis PEST (Politic, Economic, Social, Technology)

Analisis PEST (Politic, Economic, Social, Technology)

Analisis PEST (Politic, Economic, Social, Technology)

Menurut Ward dan Peppard (2002, p70-72) analisis PEST adalah analisis terhadap faktor lingkungan eksternal bisnis yang meliputi bidang politik, ekonomi, sosial dan teknologi. PEST digunakan untukmenilai pasar dari suatu unit bisnis atau unit organisasi. Arah analisis PEST adalah kerangka untukmenilai sebuah situasi, dan  menilai  strategi  atau  posisi,  arah  perusahaan,  rencana  pemasaran  atau ide. Dimana analisis ini dapat diambil suatu peluang atau ancaman baru bagi perusahaan.

  1. a)Faktor Politik

Faktor  politik  meliputi  kebijakan  pemerintah,  masalah-masalah hukum, sertamencakup aturan-aturan formal dan informal dari lingkungan dimana perusahaanmelakukan kegiatan. Contoh : kebijakan tentang pajak, peraturan ketenaga kerjaan, peraturan perdagangan, stabilitas politik dan peraturan daerah.

  1. b)Faktor Ekonomi

Faktor ekonomi meliputi semua faktor yang mempengaruhi daya pembelian daripelanggan dan mempengaruhi iklim dari bisnis suatu perusahaan. Contoh : pertumbuhan ekonomi, tingkat suku bunga, standar nilai tukar, tingkat inflasi, hargaharg produk dan jasa.

  1. c)Faktor Sosial

Faktor sosial meliputi semua faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan daripelanggan dan mempengaruhi ukuran dari besarnya pangsa pasar yang ada. Contoh : tingkat pendidikan masyarakat, tingkat pertumbuhan penduduk, kondisi lingkungan sosial, kondisi lingkungan kerja, keselamatan dan kesejahteraan sosial.

  1. d)Faktor Teknologi

Faktor teknologi meliputi semua hal yang dapat membantu dalam menghadapi tantangan bisnis dan mendukung efisiensi proses bisnis. Contoh : aktivitas penelitian dan pengembangan teknologi, automatisasi, kecepatan transfer teknologi, tingkat kadarluasa teknologi.


Sumber: https://civitas.uns.ac.id/kasiono/seva-mobil-bekas/