Aliran Kung Fu

Aliran Kung Fu

Aliran Kung FuAliran Kung Fu

Aliran Keras:

Aliran ini banyak berkembang di dan ke daerah Tiongkok bagian utara dan Mongolia, dengan cirri-ciri gerakan antara lain: serangan yang selalu ofensif dan agresif, sedangkan andalan atau keampuhannya ialah gerak kaki (tendangan), loncatan yang panjang dan cepat. Sifat dari aliran ini berpusat pada kecepatan dan koordinasi gerakan dan kekuatan fisik. Aliran ini lebih banyak menggunakan dan mengandalkan tenaga luar atau kekuatan jasmani.

Aliran Lembut:

Aliran ini banyak berkembang di daerah Tiongkok bagian Selatan dengan ciri-ciri gerakan antara lain pukulan selalu ringan dan lambat. Sasaran pukulan yang tiba-tiba diarahkan selalu ke mata, kemaluan, ulu hati, dan bagian leher. Sedangkan yang menjadi andalan atau keampuhan gerakan adalah pukulan, menggaruk atau mencakar serta cekikan. Sifat dari aliran ini berpusat pada kelembutan, kesatuan antara “jiwa dan badan” dan kekuatan harus diserasikan dengan gerak napas. Aliran ini lebih banyak mengandalkan pada kekuatan “dalam” atau “batin”.
Dari kedua aliran ini, sesuai dengan perkembangannya telah banyak mengkombinasikan aliran-aliran ini yang akhirnya disebut “Aliran Nan Pe” atau disebut juga “ Aliran Utara Selatan”.
Nama Kung Fu sendiri dipopulerkan oleh almarhum Bruce Lee (Lee Siao Lung), saat dia mengadakan show di universitasnya dan berhasil mengalahkan beberapa pendekar dari aliran beladiri lain (Jepang). Siao Lung juga memenangkan kejuaraan karate se-amerika dan pada saat memenangkan turnamen karate terbuka (semua beladiri boleh ikut) itu, ia meneriakan kata2, “Wo Shi Zhong Guo Ren”. setelah itu dia ditawarkan bermain film di Hollywood, lalu ke hongkong. pada saat itu demam kungfu mulai mewabah ke seluruh dunia.
Seorang yang mempelajari Kungfu harus ingat 3 hal, yakni;
  • Wen ( pengetahuan dan budaya)
  • Wu ( kedisplinan diri, latihan yang tekun, tekad yang bulat)
  • Dao ( Keagamaan, Ketuhanan Yang Maha Esa, ketenangan batin)
Dalam mempelajari ilmu beladiri Kung Fu, harus memiliki landasan yang kokoh guna menjadi pendekar Kungfu sejati. Tahapannya sendiri ada 3 yaitu :
  • Tam (tekad, keyakinan terhadap diri sendiri, teman, Guru, dan Kungfu)
  • Lip (tenaga, latihan yang berkesinambungan, latihan rutin bukan latihan keras)
  • Kungfu (teknik, dll)

Baca juga: