39 Ribu Peserta Bakal Ikuti UTBK di Undip

39 Ribu Peserta Bakal Ikuti UTBK di Undip

39 Ribu Peserta Bakal Ikuti UTBK di Undip

39 Ribu Peserta Bakal Ikuti UTBK di Undip
39 Ribu Peserta Bakal Ikuti UTBK di Undip

Sebanyak 39.603 peserta bakal mengikuti Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer

(UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Sabtu (13/4). Dari sekian banyak peserta, peminat Saintek mendominasi.

Wakil Rektor 1 Universitas Diponegoro (Undip) Prof Muhamad Zaenuri Dea menjabarkan, jumlah peserta dari kelompok Saintek sebanyak 21.739 peserta. Sementara kelompok Soshum, 17.864 orang.

”Berdasarkan statusnya dapat kelompokkan peserta reguler sebanyak 30.327 dan peserta Bidik Misi sebanyak 9.276,” kata Zaenuri yang juga Ketua Panitia Pusat UTBK Undip itu, Kamis (11/4).

Pelaksanaan UTBK di Undip ini akan bertempat di sejumlah fakultas baik

di kampus Tembalang dan kampus Pleburan. “Penyelenggaraan dilaksanakan setiap hari Sabtu-Minggu, mulai tanggal 13 April sampai dengan 26 Mei 2019,” terangnya lagi.

Ia mengimbau supaya para peserta memperhatikan jadwal tes mengingat tiap harinya dikelompokkan ke dalam dua sesi. Yakni, sesi pagi mulai pukul 07.30-11.45 WIB dan sesi siang pukul 12.30-16.45 WIB.

”Kami juga menyarankan peserta mengecek lokasi satu hari sebelum pelaksanaan,” jelasnya. Guna memfasilitasi itu semua, panitia pelaksana UTBK Undip telah menyiapkan 1.850 unit komputer untuk tiap sesinya yang tersedia di masing-masing ruang tes.

Secara Nasional, menurut info yang disampaikan Zaenuri, total peserta UTBK 2019

gelombang pertama, periode 13 April – 4 Mei mencapai 698.505 peserta. Peminat saintek sedikit lebih banyak dari total jumlah keseluruhan, yakni 374.641 peserta.

Sementara jumlah total peserta gelombang kedua, periode 11 Mei – 26 Mei, sebanyak 597.115 peserta. Perbandingannya, 304.301 untuk peminat saintek dan 292.814 peserta untuk kelompok soshum.

Zaenuri pun menyarankan, agar para siswa dari jurusan IPA memilih Saintek, dan IPS ke Soshum. Alasannya, penilaian jurusan Saintek akan mengambil penilaian pelajaran di IPA, demikian juga IPS. Ini tentunya berhubungan dengan potensi dan kemampuannya masing-masing siswa.

”Tidak anak yang tidak pandai, semuanya memiliki bakat dan kemampuan masing-masing. Oleh sebab itu, pemilihan jurusan atau program studi disesuaikan dengan masing-masing minat serta tujuan dunia kerja yang diinginkan. Untuk materi tes UTBK terdiri atas tes potensi skolastik (TPS) dan tes kompetensi akademik (TPA),” pungkasnya.

Lebih lanjut, Undip, kata dia, telah menyiapkan Posko Informasi dan Kesehatan bagi peserta UTBK. Lokasinya, di Gedung ICT Kampus Tembalang dan Gedung Pascasarjana Kampus Pleburan. Bagi para peserta yang ingin mendapatkan informasi lengkap pelaksanaan UTBK Undip, tambah Zaenuri, bisa langsung mengakses laman laman

 

Sumber :

https://www.codecademy.com/tuxIndonesia