234 PPID Disdik Jabar Ikuti Lokakarya Peningkatan Kapasitas

234 PPID Disdik Jabar Ikuti Lokakarya Peningkatan Kapasitas

234 PPID Disdik Jabar Ikuti Lokakarya Peningkatan Kapasitas

234 PPID Disdik Jabar Ikuti Lokakarya Peningkatan Kapasitas
234 PPID Disdik Jabar Ikuti Lokakarya Peningkatan Kapasitas

Sebanyak 234 Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) lingkungan

Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) mengikuti “Lokakarya Peningkatan Kapasitas” yang diselenggarakan di Hotel Holiday Inn, Jln. Dr. Djunjunan No. 96, Kota Bandung, Selasa (21/5/2019).

Kegiatan yang diinisiasi Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) Disdik Jabar ini, bertujuan meningkatkan kualitas PPID yang berada di setiap satuan pendidikan, khususnya dalam menghadapi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019.

Ke-234 PPID tersebut merupakan Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Hubungan

Masyarakat (Humas) di setiap satuan pendidikan tingkat sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan sekolah luar biasa (SLB) dari 27 kabupaten/kota serta staf dari Kantor Cabang Dinas Wilayah (KCD) di seluruh wilayah.

“Selain untuk meningkatkan kualitas PPID di sekolah, kegiatan ini juga merupakan langkah antisipasi guna menghadapi PPDB 2019 agar setiap permasalahan dapat ditangani dengan baik melalui PPID di sekolah,” ucap Kepala Bidang PSMA sekaligus Ketua Pelaksana Acara, Yesa Sarwedi.

Yesa menjelaskan, dalam menghadapi PPDB, PPID diharapkan mampu menguasai seluruh informasi mengenai PPDB. “Juga harus bisa memberikan pemahaman, menjawab permasalahan, dan menerima pengaduan dari masyarakat mengenai PPDB baik di yang berada di satuan pendidikan maupun di cabang dinas pendidikan” tuturnya.

Kegiatan tersebut, lanjut Yesa, akan diisi dengan tiga materi utama, yakni sosialisasi kebijakan PPDB 2019

, mengembangkan kerja sama dengan media serta penguatan peran Wakasek Humas di satuan pendidikan. “Kegiatan seperti ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Tahun ini adalah yang pertama,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kadisdik Jabar, Dewi Sartika menegaskan, peningkatan kualitas PPID harus mampu mereduksi permasalahan penerimaan informasi yang diterima masyarakat mengenai kebijakan Disdik Jabar maupun sekolah. “Melalui kegiatan ini, harus ada beberapa pedoman yang dikembangkan dan dilakukan agar semuanya berjalan baik dan lancar,” ujarnya.

Kadisdik berharap, PPID dapat berperan optimal dalam proses PPDB 2019. “Baik sebagai sumber informasi maupun penerima pengaduan dari masyarakat. Yang jelas, sosialisasi harus terus dilakukan agar mampu memberi pemahaman kepada calon peserta didik dan orang tua,” pungkasnya.***

 

Baca Juga :